Singing Hatsune Miku
Kata~kata CINTA oleh Rarha Keyrha Ladyana

Selasa, 27 November 2012

AKUNTANSI


MENDESKRIPSIKAN ADMINISTRASI KAS BANK
            Dalam akuntansi yang dimaksud dengan kas adalah aktiva lancar yang terdiri dari uang kertas dan uang logam dan benda-benda lain yang mempunyai sifat sama seperti uang. Ciri kas yaitu dapat dicairkan dengan segera.
Sifat-sifat kas :
1.  Volume fisiknya kecil
2.  Nilai nominalnya tetap
3.  Status kepemilikannya tidak dapat diidentifikasi
4.  Sangat mudah dipindah tangankan
Yang termasuk golongan kas yaitu :
1.  Uang Tunai (uang kertas & uang logam) Rp/ Mata uang asing.
2.  Simpanan di bank dalam bentuk giro (Demand Dposit) yaitu uang simpanan di bank yg dapat diambil sewaktu-waktu.
3.  Cek yg diterima sebagai pembayaran dari pihak lain.
4.  Cek perjalanan (Traveller’s Check) yaitu cek yg diterbitkan oleh suatu bank untuk melayani nasabah yg melakukan perjalanan jarak jauh.
5.  Cek Kasir (Cashir’s Check) yaitu suatu perintah dari suatu bank kepada bank itu sendiri untuk melakukan pembayaran kepada pihak lain.
6.  Money Order yaitu surat perintah membayar sejumlah uang tertentu berdasarkan keperluan pengguna.
7.  Bank Draft yaitu cek atau perintah dari suatu bank yg mempunyai rekening di bank lain, yg dikeluarkan atas permintaan nasabah melalui penyetoran lebih dulu di bank pembuat.
8.  Wesel pos yg menurut sifatnya segera dapat diuangkan pada saat diperlukan.
Yang tidak termasuk golongan kas yaitu :
1.  Cek Mundur (Post Dated Check). Cek ini tidak dapat digolongkan ke dalam kas sebelum tanggal jatuh temponya.
2.  Surat berharga jangka pendek (Marketable Securities) yaitu surat berharga dalam bentuk saham atau obligasi yg dikeluarkan oleh perusahaan lain.
3.  Deposito Berjangka (Time Deposit) yaitu uang simpanan di bank yg jangka waktu pengambilannya sudah ditentukan sehingga tidak dapat diambil sewaktu-waktu.
4.  Wesel Tagih (Notes Receivable) yaitu surat tanpa syarat kepada tertarik untuk membayar sejumlah uang kepada penarik pada tanggal tertentu.
5.  Kas yg disisihkan untuk tujuan tertentu dalam bentuk dana (funds) misalnya dana untuk pelunasan obligasi, dana untuk pembayaran deviden, dana pensiun, dll.
6.  Perangko & materai, walaupun tidak dapat digunakan sbg alat pembayaran untuk biaya pengiriman dalam jumlah kecil, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam kas karena tidak  dapat diterima sebagai setoran ke bank. Perangko & materai diperlakukan sebagai perlengkapan kantor (Office Supplies).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar